Logo Bloomberg Technoz

Dilansir melalui situs resmi Pertamina, harga avtur di setiap bandara memang berbeda. Sebagai gambaran, harga avtur untuk penerbangan domestik di Bandara Internasional Soekarno–Hatta (CGK) adalah Rp14.157/liter. Sementara itu, harga avtur di Bandara Douw Aturure di Papua Tengah (NBX) adalah Rp16.539/liter.

Harga B2B

Di lain sisi, Gatot mengatakan sebenarnya selama ini aturan di Indonesia sudah membuka kesempatan kepada badan usaha lainnya yang mau menyalurkan avtur di Indonesia. Namun, Pertamina menguasai hampir semua infrastruktur di bandara yang berkaitan dengan avtur.

“Jadi perusahaan lain harus kerja sama dengan Pertamina karena tidak mungkin bongkar bandara untuk membangun infrastruktur avtur yang baru,” ujarnya.

Kendati demikian, Gatot mengatakan maskapai penerbangan dan Pertamina sebenarnya juga memiliki kesepakatan antarbisnis atau business to business (B2B). Dengan demikian, harga avtur bergantung pada kesepakatan tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya berpendapat monopoli Pertamina dalam proses distribusi avtur bagi industri aviasi harus dihentikan, sebagai upaya menekan ongkos bahan bakar pesawat yang pada akhirnya dapat menurunkan harga tiket maskapai penerbangan.

Luhut mengatakan saat ini pemerintah sudah membuka kesempatan bagi badan usaha selain Pertamina untuk menyalurkan avtur di Indonesia.

“Sekarang kan harganya [avtur] sudah mulai turun karena kita buka [vendor pemasoknya], bukan hanya dimonopoli Pertamina lagi,” ujar Luhut saat ditemui usai konferensi pers Bali International Airshow 2024, Senin (19/8/2024) petang.

(dov/wdh)

No more pages