Logo Bloomberg Technoz

PKB Tak Khawatir Menkumham Diganti Jelang Muktamar 

Mis Fransiska Dewi
20 August 2024 09:50

Supratman Andi Agtas (Bloomberg Technoz)
Supratman Andi Agtas (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mengaku tak khawatir Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) diganti menjelang Muktamar PKB yang akan digelar di Bali, 24- 25 Agustus 2024. Dia meyakini Supratman Andi Agtas tidak akan ikut campur dalam pertemuan besar lima tahun sekali itu. 

Pernyataan tersebut disampaikan merespons konflik antara PKB dan PBNU yang memunculkan isu akan ada Muktamar Luar Biasa atau Muktamar tandingan. Serta, menyikapi penunjukan Supratman Andi Agtas sebagai menkumham menggantikan Yasonna Laoly.

“Saya yakin pemerintah akan konsisten dengan konstitusi, ya rujukannya undang-undang (UU), UU pemilu, sehingga tidak boleh main-main. Kalau main-main yang hancur negara, pemerintahan,” kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senin (19/8/2024). 

Menurut Muhaimin, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden sekalipun hanya tersisa dua bulan masa jabatan. "Itu murni wewenang presiden," tutur Muhaimin. Ia pun menyebut belum sempat berbicara dengan Supratman dan baru mengetahui ada perombakan kabinet hari ini. 

Menkumham merupakan pihak yang akan memberikan keputusan soal legalitas pimpinan partai. Ketika muktamar terpecah dua, Menkumham adalah orang yang akan menentukan mana muktamar yang sah dan tidak.