Logo Bloomberg Technoz

Namun, lebih banyak drama mengelilingi apa yang terjadi setelah itu dan laju pemangkasan tambahan selama beberapa bulan ke depan karena The Fed menghadapi risiko ganda terhadap inflasi dan ketenagakerjaan.

“Para investor 'memanjat tembok kekhawatiran' karena reli pemulihan pasar saham memperoleh momentum,” kata Craig Johnson di Piper Sandler.

“Ekuitas kemungkinan akan berkonsolidasi menjelang komentar Fed di Jackson Hole minggu ini,” jelasnya.

Bagi Neil Dutta dari Renaissance Macro Research, The Fed akan melakukan pemangkasan di September, pertanyaannya adalah seberapa banyak.

Tim Research Phillip Sekuritas memaparkan, secara umum, para pakar ekonomi dan pelaku pasar berpendapat bahwa rilis berbagai data Ekonomi AS sepanjang minggu lalu memperkuat dugaan sedang berlangsungnya softlanding, di mana ekonomi AS terhindar dari perlambatan ekonomi yang tajam dan inflasi turun mendekati target 2%.

“Pejabat tinggi Bank Sentral AS (Federal Reserve) Mary Daly dan Austin Goolsbee memberi petunjuk kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter di bulan September,” mengutip riset harian Tim Research Phillip Sekuritas.

Pasar juga mencermati notulen rapat Federal Reserve atau yang lebih dikenal dengan Fed Minutes pada tanggal 30-31 Juli lalu dijadwalkan dirilis minggu ini, dan diyakini akan memberi konfirmasi atas sikap lunak (dovish) para pejabat tinggi Federal Reserve tersebut.

(fad/wep)

No more pages