Logo Bloomberg Technoz

Pergerakan BTC bulan Agustus berada di urutan buncit instrumen kelas aset lain, dimana indeks obligasi global Bloomberg telah naik hampir 2% pada periode yang sama. Saham yang tercatat di MSCI naik nyaris 1% sepanjang Agustus.

Selain itu  Arkham Intelligence mencatat bahwa data Blockchain menunjukkan bahwa AS minggu lalu memindahkan US$600 juta Bitcoin yang disita ke dompet di bursa yang dioperasikan oleh Coinbase Global Inc.

Indeks 100 aset digital teratas mengalami penurunan terburuk pada 5 Agustus sejak November 2022. Penurunan ini terjadi bersamaan dengan jatuhnya ekuitas karena kekhawatiran pertumbuhan AS dan yen yang melemah merusak selera risiko di seluruh dunia.

Bitcoin bulan Agustus 2024 tertinggal dari kelas aset lainnya. (Bloomberg)

Ekspektasi untuk ekonomi AS sejak itu telah stabil karena data yang meyakinkan dan indeks saham global MSCI sekarang hanya 1,5% di bawah rekor yang ditetapkan pada bulan Juli.

Sementara sisi eksposur sedang menurun, indikasinya adalah matrik tingkat pendanaan untuk Bitcoin perpetual futures di bursa Binance, tercatat jadi yang terbesar untuk aset digital. 

Pertengahan Maret Bitcoin sempat mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah dengan US$73.798 ditopang oleh dua hal, kebijakan moneter AS yang lebih longgar dan arus masuk ke ETF Spot bursa AS. 

Pergerakan Bitcoin hingga akhir tahun juga akan disokong politik AS dengan persaingan pilpres antara Donald Trump-figur pro kripto dan Kamala Harris, yang kini menjabat Wakil Presiden AS.

(wep)

No more pages