Logo Bloomberg Technoz

Sementara ECB telah memangkas suku bunga acuannya lebih dari dua bulan yang lalu, the Fed masih belum melakukan hal yang sama. BOE bergerak pada 1 Agustus, tapi hanya dengan hasil voting 5-4 pada panel penetapan kebijakannya.

Gubernur bank sentral Australia bulan ini mengutip para kritikus di kedua sisi perdebatan mengenai suku bunga, dengan beberapa menganjurkan pengetatan dan beberapa menyerukan pelonggaran.

"Saya berharap saya mendapatkan kepastian dari mereka," ujar Gubernur RBA Michele Bullock pada konferensi pers 6 Agustus setelah mempertahankan suku bunga pinjaman tidak berubah.

Masalahnya adalah, meskipun "kami memiliki banyak data yang memberi tahu kami apa yang terjadi di masa lalu," model ekonomi tidak dapat sepenuhnya menangkap apa yang terjadi pada ekonomi.

Gubernur The Fed Jerome Powell, yang akan berbicara pada Jumat di simposium Jackson Hole, Wyoming, yang diselenggarakan oleh The Fed Kansas City, mengatakan bulan lalu bahwa "para ekonom terus menerus dikejutkan."

Tema tahun ini untuk konferensi tersebut adalah "menilai kembali" keefektivan kebijakan moneter dan bagaimana kebijakan tersebut menular ke ekonomi yang lebih luas. Pertemuan ini biasanya dihadiri oleh bank-bank sentral utama yang diwakili oleh para petinggi, dan membantu membentuk ekspektasi para investor.

Dengan berbagai tanda yang beragam pada ekonomi AS--laporan pekerjaan Juli jauh lebih lemah daripada yang diperkirakan oleh para ekonom, tapi penjualan ritel untuk bulan tersebut mengungguli perkiraan--keputusan untuk melakukan pelonggaran dan seberapa besar pelonggaran yang akan dilakukan menjadi semakin menantang.

Hal ini tercermin di pasar berjangka menjelang Jackson Hole. Dana federal berjangka untuk satu tahun ke depan berayun paling besar tahun ini. Volatilitas terealisasi 30 hari untuk kontrak melonjak menjadi 1,86 minggu lalu, tertinggi sejak Juni 2023, ketika volatilitas meningkat setelah krisis perbankan regional AS. Angka saat ini hampir tiga kali lipat dari rata-rata data sejak tahun 1991.

Volatilitas. (Dok: Bloomberg)

Setelah laporan pekerjaan Juli, yang menunjukkan lonjakan tak terduga dalam tingkat pengangguran, dan penurunan ekuitas, para pedagang mulai bertaruh pada pemangkasan 50 basis poin pada pertemuan The Fed September, jika tidak sebelumnya. Kkontrak berjangka sekarang menunjukkan pergerakan yang lebih kecil, 25 basis poin lebih mungkin terjadi.

Contoh ekstrem dari ketidakpastian yang dihadapi para gubernur bank sentral pada tahap siklus ekonomi ini muncul dari Selandia Baru minggu lalu. Reserve Bank mengejutkan para pengamat dengan menurunkan suku bunga, setelah tiga bulan sebelumnya mengisyaratkan bahwa langkah seperti itu tidak akan terjadi sampai tahun depan.

Faktor lain yang membuat bank-bank China tidak memangkas suku bunga pinjaman adalah margin bunga bersih (net interest margin) yang tipis, yang berada pada rekor terendah 1,54% pada akhir kuartal kedua, menurut data pemerintah yang diterbitkan awal bulan ini.

Pemangkasan LPR sebelumnya sering kali diiringi dengan pemangkasan suku bunga acuan atau pengurangan bunga deposito karena para regulator berusaha melindungi margin keuntungan bank. Pan minggu lalu juga berjanji bahwa bank sentral akan mencapai keseimbangan antara mendukung pertumbuhan dan memastikan kesehatan lembaga-lembaga keuangan.

Meskipun begitu, pelonggaran lebih lanjut kemungkinan besar akan terjadi pada ekonomi China, di mana permintaan domestik masih sangat lemah di tengah-tengah kemerosotan yang terus-menerus di pasar perumahan. Data resmi yang dirilis minggu lalu menunjukkan peningkatan yang lemah pada penjualan ritel, sementara pertumbuhan investasi melemah.

PBOC akan mempercepat implementasi kebijakan-kebijakan keuangan yang ada, mempelajari langkah-langkah tambahan dan mendukung langkah-langkah fiskal yang proaktif, kata Pan minggu lalu. PBOC secara bertahap akan mengurangi fokusnya pada target-target kuantitatif--kemungkinan besar mengacu pada tujuan-tujuan ekspansi kredit dan jumlah uang beredar--dan lebih menekankan pada peran perangkat-perangkat berbasis harga seperti suku bunga.

Suku bunga yang tinggi di luar negeri berarti penantian yang lebih lama untuk mendapatkan uang yang lebih murah di China karena perbedaan yang lebih besar pada biaya-biaya peminjaman dapat mempercepat arus modal keluar dan melemahkan mata uang lokal.

Perubahan mendadak oleh RBNZ "menimbulkan pertanyaan besar mengenai pembacaan bank terhadap perekonomian dan perkiraannya--dan sejujurnya membuat kita sulit untuk mempercayai penilaiannya," ujar Brad Olsen, ekonom yang berbasis di Wellington, Selandia Baru, di lembaga pemikir kebijakan Infometrics. "Pandangan yang berubah-ubah juga berarti bahwa tidak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi selanjutnya."

Para pejabat RBNZ membela tindakan mereka, dengan mengatakan bahwa mereka merespons informasi yang tersedia pada saat itu. Gubernur Adrian Orr kemudian mengatakan bahwa langkah selanjutnya akan "hati-hati" dan "terukur."

Pergerakan yang mengejutkan

Episode RBNZ terjadi seminggu setelah para gubernur bank sentral Jepang harus dengan cepat mengalibrasi ulang pesan mereka. 

Bank of Japan (BOJ) pada 31 Juli mengejutkan beberapa pengamat dengan menaikkan suku bunga acuannya sebesar 15 basis poin dan menyertakan panduan ke depan dalam pernyataan kebijakan yang meramalkan kenaikan lebih lanjut yang akan datang. 

Pada 7 Agustus, setelah ekuitas jatuh dan yen melonjak, BOJ mengirimkan sinyal dovish yang kuat dengan berjanji untuk menahan diri dari kenaikan suku bunga ketika pasar tidak stabil.

Di Eropa, para gubernur bank sentral menghadapi dilema, dengan data harga baru-baru ini menunjukkan kenaikan mengejutkan pada inflasi kawasan euro menjadi 2,6% bersamaan dengan indikasi bahwa perekonomian berjalan lebih buruk daripada yang diperkirakan. Para pejabat mengantisipasi inflasi akan mencapai target 2% pada akhir 2025, tetapi mereka selalu menekankan tingkat ketidakpastian yang tinggi.

Beberapa pembuat kebijakan, seperti Yannis Stournaras dari Yunani, melihat pertumbuhan yang lebih lemah sebagai pembenaran lebih lanjut untuk pelonggaran lebih lanjut, sementara yang lain menekankan bahwa inflasi masih tetap tinggi.

"Kita harus tetap waspada," kata anggota Dewan Eksekutif Isabel Schnabel pada akhir Juli.

Pasar sepenuhnya memperkirakan dua penurunan suku bunga lagi tahun ini, dan peluang lebih dari 50-50 untuk penurunan suku bunga yang ketiga.

Ketidakpastian Universal

Pemungutan suara yang terbelah di Komite Kebijakan Moneter BOE bulan ini membuat Bailey berselisih dengan kepala ekonomnya sendiri, Huw Pill, yang memberikan suara menentang penurunan suku bunga.

Bailey mengatakan setelah pertemuan Agustus bahwa para penentu suku bunga tidak yakin tentang skenario mana yang dapat diambil oleh perekonomian, dan memiliki pandangan yang berbeda tentang kemungkinannya.

Skenario tersebut berkisar dari skenario di mana pelonggaran tekanan harga "dipanggang" hingga hasil yang tidak terlalu buruk, di mana perubahan permanen dalam pengaturan harga dan upah membutuhkan kebijakan ketat untuk waktu yang lebih lama.

Hal ini menghasilkan skenario-skenario alternatif karena "ketidakpastian yang tinggi," ujar Bailey. Ketidakpastian mungkin merupakan satu hal yang dapat disepakati oleh semua gubernur bank sentral.

(bbn)

No more pages