Logo Bloomberg Technoz

PBOC Beri Sinyal Hati-hati, Bank China Tahan Suku Bunga Pinjaman

News
20 August 2024 08:35

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank-bank China mempertahankan suku bunga pinjaman acuan mereka tidak berubah untuk Agustus karena margin keuntungan berada di bawah tekanan dan para pembuat kebijakan fokus pada kesehatan lembaga keuangan.

Suku bunga utama pinjaman satu tahun akan tetap di 3,35% dan suku bunga lima tahun, yang merupakan referensi untuk kredit jangka panjang termasuk hipotek, tetap di 3,85%, menurut pernyataan Selasa (20/8/2024) dari People's Bank of China (PBOC).

Langkah-langkah ini sejalan dengan perkiraan semua ekonom yang disurvei Bloomberg. Keputusan-keputusan tersebut mencerminkan tindakan penyeimbangan oleh China, setelah Gubernur PBOC Pan Gongsheng mengatakan pada minggu lalu bahwa pihak berwenang akan menghindari mengambil tindakan "drastis" meskipun mereka bertekad untuk mencapai target-target pertumbuhan Beijing untuk tahun ini.

Setelah pertumbuhan ekonomi mengecewakan di kuartal kedua, para pemberi pinjaman komersial menurunkan LPR bulan lalu--masing-masing sebesar 10 basis poin--setelah bank sentral memangkas suku bunga kebijakan jangka pendek untuk pertama kalinya dalam hampir satu tahun terakhir.