Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Siap Lanjutkan Keperkasaan Kala RDG BI Dimulai Hari Ini

Tim Riset Bloomberg Technoz
20 August 2024 07:35

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah bersiap melanjutkan penguatan pada perdagangan pasar spot hari ini, ketika Dewan Gubernur Bank Indonesia memulai pertemuan dua hari untuk memutuskan kebijakan bunga acuan yang akan diumumkan Rabu esok.

Sinyal penguatan rupiah terlihat jelas di pasar offshore. Rupiah forward ditutup menguat di pasar New York dini hari tadi ke level Rp15.534-Rp15.554/US$, dan pagi ini melanjutkan penguatan yang menjanjikan.

Level rupiah forward itu lebih kuat dibanding posisi penutupan pasar spot kemarin di Rp15.550/US$, mengisyaratkan penguatan rupiah spot hari ini terbuka lebar di tengah indeks dolar AS yang makin turun ke 101,83 pagi ini.

Pada pembukaan pasar Asia Selasa pagi ini, beberapa mata uang melanjutkan penguatan setelah reli tajam kemarin. Won Korea Selatan dibuka naik nilainya meski tipis 0,04%, begitu juga baht yang naik 0,07% serta yuan offshore yang juga naik 0,02%.

Penguatan mata uang Asia sejalan dengan sentimen bullish yang berlanjut di bursa ekuitas. Indeks saham di Asia pagi ini hijau cemerlang dipimpin oleh Nikkei yang naik 1,12%, juga Kospi juga naik 0,83%