Logo Bloomberg Technoz

Makin Banyak Insiden, Kursi Kokpit Boeing 787 Diinspeksi FAA

News
20 August 2024 06:10

Model pesawat Boeing Co.787 saat Singapore Airshow di Singapura, Rabu, 21 Februari 2024./Bloomberg-SeongJoon Cho
Model pesawat Boeing Co.787 saat Singapore Airshow di Singapura, Rabu, 21 Februari 2024./Bloomberg-SeongJoon Cho

Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Badan Penerbangan Federal atau Federal Aviation Administration (FAA) memerintahkan operator pesawat Boeing Co 787 Dreamliner untuk memeriksa kursi kokpit pesawat setelah adanya peningkatan laporan tentang pergerakan tidak disengaja yang mengganggu penerbangan.

Boeing memperingatkan operator pada Maret bahwa sakelar yang terletak di bagian belakang kursi pilot yang mengaktifkan motor untuk menggerakkannya ke atas dan ke belakang dapat macet jika mekanismenya longgar atau rusak.

Pemberitahuan tersebut menyusul insiden pada Maret di mana sebuah pesawat Latam Airlines Group SA menukik tajam setelah kursi kokpit dilaporkan bergerak, sehingga pilot terlempar ke kolom kendali pesawat. Puluhan orang terluka akibat kecelakaan tersebut.

"FAA telah menerima, dengan frekuensi yang semakin meningkat sejak Maret 2024, laporan tentang pergerakan horizontal yang tidak diperintahkan dari kursi Kapten atau Perwira Pertama, saat diduduki," kata regulator tersebut dalam sebuah pengajuan pada Senin, waktu setempat.