Logo Bloomberg Technoz

Luhut Stop Monopoli Pertamina di Avtur, Tiket Pesawat Bisa Murah?

Dovana Hasiana
20 August 2024 05:50

Dok: Pertamina
Dok: Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpendapat monopoli PT Pertamina (Persero) dalam proses distribusi avtur bagi industri aviasi harus dihentikan, sebagai upaya menekan ongkos bahan bakar pesawat yang pada akhirnya dapat menurunkan harga tiket maskapai penerbangan.

Luhut mengatakan saat ini pemerintah sudah membuka kesempatan bagi badan usaha selain Pertamina untuk menyalurkan avtur di Indonesia. 

“Sekarang kan harganya [avtur] sudah mulai turun karena kita buka [vendor pemasoknya], bukan hanya dimonopoli Pertamina lagi,” ujar Luhut saat ditemui usai konferensi pers Bali International Airshow 2024, Senin (19/8/2024) petang.

Tidak hanya itu, Luhut juga mengundang badan usaha lainnya untuk masuk dan berinvestasi pada Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), khususnya di daerah Indonesia timur. 

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Di lain sisi, Luhut mengapresiasi Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga yang sudah melayani penyaluran avtur kepada seluruh bandara yang tersebar di Indonesia, yakni melalui 72 DPPU.