Logo Bloomberg Technoz

Tugas Bahlil di ESDM Saat Injury Time: Lifting, LPG, Tambang

Dovana Hasiana
19 August 2024 20:50

Serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)
Serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia membeberkan setidaknya terdapat tiga tugas utama yang diberikan kepadanya usai resmi dilantik pada hari ini, Senin (19/8/2024). Mantan menteri investasi tersebut menggantikan Arifin Tasrif. 

Ketiga tugas tersebut di antaranya berkaitan dengan peningkatan produksi siap jual atau lifting minyak, mengidentifikasi potensi C3C4 sebagai bahan baku liquefied petroleum gas (LPG) hingga memperbaiki tata kelola mineral dan batu bara (minerba). 

Pertama, Bahlil mendapatkan mandat dari Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk melakukan optimalisasi peningkatan lifting minyak dalam masa sisa jabatan 2 bulan terakhir di Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kaitan itu, Bahlil juga meminta Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati untuk berdiskusi ihwal lifting minyak.

“Ibu Dirut Pertamina [Nicke], kita harus bicara detail karena lifting kita turun terus, konsumsi naik, impor terus, barang kita ada. Kalau itu persoalan di regulasi, apa yang harus kita ubah, sweetener apa yang harus negara berikan agar kita kompetitif,” ujar Bahlil saat ditemui Kantor ESDM, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).