Logo Bloomberg Technoz

Hamas Klaim Bertanggung Jawab atas Ledakan Bom di Tel Aviv

News
19 August 2024 20:40

Lokasi bom di Tel Aviv, Israel. (Sumber: Bloomberg)
Lokasi bom di Tel Aviv, Israel. (Sumber: Bloomberg)

Fadwa Hodali dan Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Hamas dan kelompok Jihad Islam mengklaim bertanggung jawab atas apa yang mereka sebut sebagai "misi bunuh diri" di Tel Aviv pada Minggu (18/08/2024). Mereka memperingatkan akan adanya operasi serupa lebih lanjut selama Israel terus melakukan operasi militer di Gaza.

Hamas dan Jihad Islam, dua organisasi yang didukung oleh Iran, mengatakan dalam pernyataan bersama di Telegram bahwa mereka berada di balik insiden bom tersebut, yang menurut otoritas Israel menewaskan pelaku peledakan dan melukai satu orang yang lewat, tanpa korban jiwa lebih lanjut.

"Brigade ini menegaskan bahwa operasi bunuh diri di wilayah pendudukan akan kembali ke garis depan selama pendudukan berlanjut dan melakukan pembantaian, pengusiran warga sipil, dan kebijakan pembunuhan berencana," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Serangan ini terjadi saat Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken tiba di Israel untuk mendesak tercapainya kesepakatan gencatan senjata antara pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Hamas yang setidaknya akan menghentikan sementara perang yang telah berlangsung lebih dari 10 bulan di Gaza. Serangan ini juga terjadi saat Iran mempertimbangkan tanggapan terhadap pembunuhan ganda terhadap pemimpin senior Hamas dan Hizbullah.