Logo Bloomberg Technoz

Induk Circle K Berencana Akuisisi Pemilik 7-Eleven

News
19 August 2024 19:20

7-Eleven. (Sumber: Bloomberg)
7-Eleven. (Sumber: Bloomberg)

Reed Stevenson - Bloomberg News

Bloomberg, Operator Circle K, Alimentation Couche-Tard Inc, telah mengajukan proposal untuk mengakuisisi rival yang jauh lebih besar, Seven & i Holdings Co, pemilik 7-Eleven, dalam apa yang akan menjadi pengambilalihan asing terbesar atas sebuah perusahaan Jepang. Penggabungan ini akan menciptakan operator terbesar di dunia dengan sekitar 100.000 toko swalayan.

Dengan valuasi sekitar US$31 miliar sebelum kabar tawaran muncul, saham Seven & i melonjak 23% pada Senin (19/08/2024). Perusahaan mengatakan tawaran tersebut bersifat awal dan tidak mengikat, tanpa mengungkapkan persyaratannya. Sebuah komite khusus yang terdiri dari direktur luar yang independen akan melakukan "peninjauan yang cepat, hati-hati, dan komprehensif atas proposal tersebut," kata Seven & i dalam sebuah pernyataan pada Senin.

Meskipun Couche-Tard lebih kecil dari Seven & i, dengan sekitar 14.000 toko dibandingkan dengan lebih dari 85.000 untuk pengecer Jepang tersebut, perusahaan Kanada itu menikmati valuasi yang lebih besar sekitar US$58,5 miliar. Pengambilalihan asing atas perusahaan Jepang sangat jarang terjadi. Namun perubahan terbaru dalam pedoman untuk proposal merger dan akuisisi, serta investor aktivis yang mendorong perusahaan untuk meningkatkan nilai - termasuk di Seven & i - dapat meningkatkan peluang kesepakatan yang akan menciptakan raksasa toko swalayan global.

"Semuanya tergantung pada harga, dan saya kira yen yang lemah telah membuatnya lebih menarik, dan apa pun di atas ¥7 triliun manajemen akan kesulitan menolak," kata Amir Anvarzadeh, seorang ahli strategi di Asymmetric Advisors Pte. "Tapi mengingat manajemen Seven & i, Anda bisa bertaruh bahwa mereka akan menolak ini jika harganya lebih rendah."