Logo Bloomberg Technoz

MA India Tangani Kasus Pemerkosaan Dokter usai Nakes Mogok Massal

News
19 August 2024 17:40

Bendera India. (Sumber: Bloomberg)
Bendera India. (Sumber: Bloomberg)

Swati Gupta - Bloomberg News

Bloomberg, Mahkamah Agung (MA) India akan memulai persidangan pekan ini terkait kasus dugaan pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter pelatihan di kota Kolkata bagian timur, yang telah memicu protes dan pemogokan nasional oleh para dokter.

Pengadilan tertinggi negara ini menyatakan akan menangani perkara tersebut menggunakan kekuatan "suo motu", yang memungkinkannya mengadakan persidangan berdasarkan inisiatif sendiri tanpa adanya pengajuan petisi.

Langkah pengadilan tersebut menyusul dugaan pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter magang berusia 31 tahun pada 9 Agustus di sebuah rumah sakit pemerintah di Kolkata. Sejak saat itu, para dokter junior dan mahasiswa kedokteran di kota tersebut mengadakan aksi peringatan hampir setiap malam, dan kelompok dokter negara menyerukan pemogokan nasional selama akhir pekan. Mereka menuntut keadilan bagi korban dan keamanan yang lebih baik bagi para pekerja medis.

Pengadilan tidak memberikan rincian mengenai siapa yang akan ditanyai selama persidangan, tetapi para pengunjuk rasa menuduh penyelidikan awal ditangani dengan buruk oleh polisi setempat. Biro Investigasi Pusat federal sejak itu mengambil alih kasus tersebut.