Logo Bloomberg Technoz

KIM Plus Deklarasi Usung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta

Muhammad Fikri
19 August 2024 17:10

Gibran mengikuti deklarasi Bakal Cagub Jakakarta Ridwan Kamil dan Suswono di Jakarta, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Gibran mengikuti deklarasi Bakal Cagub Jakakarta Ridwan Kamil dan Suswono di Jakarta, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi gemuk yang sebelumnya dikenal Koalisi Indonesia Maju Plus atau KIM Plus secara resmi mengumandangkan deklarasi dukungan kepada pasangan Ridwan Kamil-Suswono pada Pilkada DKI Jakarta. Deklarasi disahkan melalui penandatanganan sekretaris jenderal (sekjen) seluruh partai yang memberikan dukungan.

KIM Plus tersebut bernama Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju (JBJM). Partai politik yang tergabung adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, Partai Gelora, Partai Garda, PSI, PKS, Partai Nasdem, PKB, PPP, dan Partai Perindo.

"Menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada DKJ 2024," kata Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, Senin (19/8/2024).

"Serta siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono."

Deklarasi JBJM menempatkan PDIP menjadi satu-satunya partai politik yang belum menentukan jagoan untuk maju di Pilkada DKI Jakarta. PDIP sendiri dipastikan tidak akan bisa mengajukan calon karena jumlah kursinya tak memenuhi ambang batas. Mereka hanya memiliki 15 kursi dari syarat minimal 22 kursi.