Logo Bloomberg Technoz

Di samping itu, ada saham-saham yang menguat dan menjadi top gainers di antaranya PT Victoria Investama Tbk (VICO) yang melesat 34,5%, PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMAS) melonjak 34,5%, dan PT Trimuda Nuansa Citra Tbk (TNCA) melejit 34,5%.

Sedangkan saham-saham yang melemah dan menjadi top losers antara lain PT Sunson Textile Manufacturer Tbk (SSTM) yang jatuh 10%, PT Lima Dua Lima Tiga Tbk (LUCY) ambruk 9,65%, dan PT Dosni Roha Indonesia Tbk (ZBRA) anjlok 8,85%.

Di sisi yang sama dengan IHSG, Indeks saham utama Asia lainnya menguat. KLCI (Malaysia), SETI (Thailand), Hang Seng (Hong Kong), Ho Chi Minh Stock Index (Vietnam), PSEI (Filipina), Shanghai Composite (China), dan CSI 300 (China), yang berhasil menguat dan menghijau dengan masing-masing 1,53%, 1,42%, 0,80%, 0,75%, 0,62%, 0,49%, dan 0,34%.

Penutupan IHSG Sesi II pada Senin 19 Agustus 2024 (Bloomberg)

Senada, TW Weighted Index (Taiwan), Straits Times (Singapura), dan SENSEX (India), juga menguat 0,27%, 0,14%, dan 0,03%.

Sementara itu, NIKKEI 225 (Tokyo), TOPIX (Jepang), KOSPI (Korea Selatan), dan Shenzhen Comp. (China), terpangkas masing-masing 1,77%, 1,40%, 0,85%, dan 0,10%.

Dengan demikian, IHSG adalah indeks dengan kenaikan tertinggi ke-tujuh di Asia, ada di deretan Bursa ‘Tetangga’ ASEAN.

Sentimen Pasar Global

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global, dan dalam negeri. Investor menanti rilis risalah rapat Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) pada pertemuan Juli yang akan terbit pada Rabu, pekan ini, disusul oleh pidato Gubernur The Fed Jerome Powell pada Jumat.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, awal yang tenang di pekan ini terjadi jelang rilis data Klaim Pengangguran dan aktivitas Ekonomi AS, sementara Jerome Powell diperkirakan akan mengonfirmasi pemangkasan suku bunga Federal Reserve saat ia berbicara di Wyoming.

“Pasar keuangan akan peka terhadap setiap kata-katanya,” tulis para Ahli Strategi Commonwealth Bank of Australia yang dipimpin Joseph Capurso dalam catatannya.

“Kami memperkirakan Powell akan memberikan lampu hijau untuk pemangkasan pada 19 September, tapi kami memperkirakan Powell akan mempertahankan opsi untuk pemangkasan yang tertunda atau pemangkasan yang lebih besar yang bergantung pada inflasi Harga Konsumen dan penggajian berikutnya.” jelasnya.

Tim Research Phillip Sekuritas memaparkan, data terkini Ekonomi AS, mulai dari inflasi hingga Initial Jobless Claims dan Penjualan Ritel, telah meyakinkan investor dan mendukung pandangan bahwa Ekonomi AS sedang menuju skenario 'Goldilocks', di mana tekanan inflasi mereda dan dibarengi dengan ketahanan laju pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Gubernur Federal Reserve Bank di St. Louis, Alberto Musalem, mengatakan waktu yang ideal untuk memangkas suku bunga sudah semakin dekat, sementara Gubernur Federal Reserve di Atlanta, Raphael Bostic, memberitahu surat kabar harian The Financial Times bahwa pihaknya bersifat terbuka terhadap penurunan suku bunga di bulan September.

Sentimen IHSG dari Dalam Negeri

Sementara itu, dari dalam negeri tepat pada pagi tadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet dengan merombak empat menteri menteri hingga tiga kepala badan, Senin (19/8/2024) jelang masa transisi Pemerintahan.

Jokowi menunjuk Supratman Andi Agtas menjadi Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.

Jokowi juga melantik Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi/BKPM menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan- Arifin Tasrif.

Selanjutnya, eks Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan P. Roeslani —yang juga mantan Ketua Umum Kadin — menjadi Menteri Investasi/BKPM.

Jokowi juga mengubah jabatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, yakni Angga Raka Prabowo. Angga menambah kursi Wamenkominfo yang sebelumnya sudah diisi Nezar Patria.

Selain pelantikan Menteri, dalam upacara berbeda, Jokowi juga melantik Hasan Nasbi menjadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. Jokowi juga melantik Kepala Badan Gizi Nasional dan Kepala BPOM baru.

Badan Gizi Nasional merupakan lembaga baru yang dibentuk Jokowi. Badan ini erat kaitannya dengan program makan siang gratis yang menjadi janji kampanye Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran.

Daftar Reshuffle Kabinet Indonesia Maju dan pengangkatan kepala badan yang baru, Senin (19/8/2024):

  • Menteri Hukum dan HAM: Supratman Andi Agtas
  • Menteri ESDM: Bahlil Lahadalia
  • Menteri Investasi/Kepala BKPM: Rosan P. Roeslani
  • ⁠Wamenkominfo: Angga Raka Prabowo
  • Kepala BPOM: Taruna Ikrar
  • Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan: Hasan Nasbi
  • Kepala Badan Gizi Nasional: Dadan Hindayana

(fad)

No more pages