Logo Bloomberg Technoz

Ketua Banggar DPR itu menegaskan, PDIP hingga kini terus berkomunikasi dengan Anies terkait Pilkada DKI Jakarta. Bahkan, ia sendiri yang berkomunikasi langsung dengan Anies untuk menjaga asa tetap bertarung pada kontestasi politik di ibu kota. 

Meskipun demikian, jika pasangan Anies-Hendi pada akhirnya sulit tercapai, PDIP akan legowo terhadap keputusan tersebut. 

“Tapi kalau pada akhirnya kami tidak bisa, katakanlah sudah KIM plus terkonsolidasi, kami tidak punya kawan lagi untuk maju ya apa boleh buat? Kami akan berbicara kepada rakyat pada waktunya mungkin oleh Pak Sekjen bahwa PDIP tidak bisa mencalonkan untuk Pilkada DKI yang akan datang,” jelas Said. 

Diketahui, Hendi sebenarnya telah mendaftarkan diri melalui DPD PDIP Jateng sebagai cagub Jawa Tengah untuk Pilkada 2024. Meski demikian, DPP PDIP hingga saat ini belum mengumumkan rekomendasi kepala daerah baik posisi cagub atau pun cawagub di Jawa Tengah. Sebelum menjadi kepala LKPP, Hendi adalah wali kota Semarang yang menang usai menjadi calon tunggal mengalahkan kotak kosong pada Pilkada 2020.

Saat berita ini ditulis, sejumlah pengurus partai politik yang tergabung dalam KIM Plus tengah menggelar acara deklarasi Ridwan Kamil-Suswono di Hotel Sultan. 

Banner pasangan calon ini juga menampilkan deretan partai politik yang mengusungnya di Pilkada DKI Jakarta. Isinya nyaris seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta, kecuali PDI Perjuangan.

PDIP dipastikan tidak akan bisa mengajukan calon karena jumlah kursinya tak memenuhi ambang batas. Mereka hanya memiliki 15 kursi dari syarat minimal 22 kursi.

Sehingga, RK-Suswono hanya akan berhadapan dengan satu pasangan calon independen yaitu Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang dinyatakan lolos oleh KPU, 16 Agustus lalu.

(mfd/frg)

No more pages