Logo Bloomberg Technoz

Bagaimana Dunia Tersandung ke Dalam Darurat Mpox

News
19 August 2024 15:40

Vaksin cacar monyet. (Envato/YuriArcursPeopleimages)
Vaksin cacar monyet. (Envato/YuriArcursPeopleimages)

Ashleigh Furlong, Antony Sguazzin, Jason Gale dan Janice Kew - Bloomberg News

Bloomberg, Mutasi penyakit cacar monyet atau mpox telah beredar di Republik Demokratik Kongo selama beberapa bulan. Kini, respons terhadap apa yang telah menjadi darurat kesehatan global menghadapi hambatan utama: Negara tersebut masih belum memiliki satu pun vaksin.

Ketiadaan vaksin dan tantangan dalam memahami penyebaran penyakit di negara Afrika tengah tersebut menyoroti bagaimana keterlambatan di lapangan, kurangnya koordinasi internasional, dan masalah pendanaan telah menghambat respons yang cepat.

Rangkaian reaksi tertunda terhadap krisis ini dimulai selama darurat mpox terakhir yang berakhir pada tahun 2023, dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (Africa CDC) mengatakan bahwa benua tersebut tidak mendapatkan dukungan yang memadai.

Meskipun ancaman dari mpox kembali dan organisasi yang bertanggung jawab atas distribusi vaksin global menyatakan keprihatinannya, Kongo menunda permintaan resmi untuk donasi vaksin. Regulator obat di negara tersebut baru menyetujui penggunaan darurat untuk vaksin pada bulan Juni.