Logo Bloomberg Technoz

"Yang diundang hanya Sekjen, ketua dan pengurus DPD seluruh partai [KIM Plus] di DKI Jakarta," ujar Teuku.

Senada, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus juga mengklaim tak mengetahui apakah plt Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita akan menghadiri acara deklarasi RK-Suswono. Dia mengklaim, Agus bersama panitia munas tengah sibuk mempersiapkan acara pemilihan ketua umum baru yang akan digelar esok hari.

"Terus terang kita belum tau yang hadir siapa," kata dia.

KIM Plus terbentuk usai koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 mendapatkan tambahan kekuatan dari Koalisi Perubahan. PKS sebagai pemenang Pileg DKI Jakarta dirangkul kedalam KIM Plus usai diberikan jatah cawagub.

Meski tak ada barter politik, Partai Nasdem pun santer dikabarkan meninggalkan Anies Baswedan dan bergabung dengan KIM Plus. 

Kondisi ini berarti menyisakan satu anggota Koalisi Perubahan yaitu PKB dan PDIP. Jika PKB juga bergabung ke KIM Plus, PDIP dipastikan tidak akan bisa mengajukan calon karena jumlah kursinya tak memenuhi ambang batas. Mereka hanya memiliki 15 kursi dari syarat minimal 22 kursi.

Sehingga, RK-Suswono hanya akan berhadapan dengan satu pasangan calon independen yaitu Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang dinyatakan lolos oleh KPU, 16 Agustus lalu.

(fik/frg)

No more pages