Logo Bloomberg Technoz

Berhitung Koalisi Raksasa RK-Suswono, PDIP Terancam Cuma Nonton

Redaksi
19 August 2024 14:25

Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono sebagai paslon dari KIM Plus di Pilkada DKI Jakarta, Hotel Sultan. (Bloomberg Technoz/Muhammad Fikri)
Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono sebagai paslon dari KIM Plus di Pilkada DKI Jakarta, Hotel Sultan. (Bloomberg Technoz/Muhammad Fikri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus mendeklarasikan Ridwan Kamil-Suswono maju di Pilkada DKI Jakarta, Senin (19/8/2024). Deklarasi dilakukan KIM Plus usai PKS dan PKB mendeklarasikan diri bergabung bersama koalisi.

Dengan deklarasi tersebut, maka kekuatan koalisi KIM Plus mencapai 91 kursi dari total 106 kursi di DPRD DKI. 

Dukungan tersebut hadir dari Partai Gerindra (14 Kursi), Golkar (10 Kursi), PAN (10 Kursi), Demokrat (8 kursi), PSI (8 Kursi), Perindo (1 Kursi), NasDem (11 Kursi), PPP (1 Kursi), PKB (10 Kursi), dan sumbangan besar PKS sebanyak 18 kursi.

Perhitungan ini disesuaikan dengan hasil akhir perolehan suara yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2024. 

Secara hitung-hitungan politik, konfigurasi ini membuat PDIP dengan raihan 15 kursi hampir dipastikan tidak dapat mengusung calon di Pilkada DKI. Sebab dalam aturan Pilkada, khususnya DKI Jakarta, parpol yang berhak mengusung calon di Pilgub DKI harus menghimpun sebanyak 22 kursi di DPRD DKI.