Logo Bloomberg Technoz

Jadi Menteri ESDM, Bahlil Janji Tak Punya Konflik Kepentingan

Redaksi
19 August 2024 14:00

Serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)
Serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)

Bloomberg Technoz, Jakarta  Bahlil Lahadalia berjanji tidak akan bias atau terseret konflik kepentingan dalam menjalankan mandatnya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengingat latar belakangnya sebagai pengusaha yang salah satunya bergerak di sektor pertambangan.

Usai dilantik menggantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM hari ini, Senin (19/8/2024), Bahlil memastikan dirinya sudah tidak menjabat sebagai pengurus perusahaan-perusahaan yang dia dirikan, kendati entitas-entitas bisnis tersebut masih beroperasi hingga saat ini.

“Saya sejak dilantik [di] pemerintahan menjadi Kepala BKPM, saya tidak lagi menjadi pengusaha. Jadi sudah selesai dan insyaallah, sekalipun saya punya latar belakang sebagai pengusaha, saya bisa membedakan mana yang untuk kepentingan negara dan mana yang untuk kepentingan pribadi,” ujarnya dalam keterangan pers di Istana Negara, dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

“Justru dengan pengalaman saya sebagai mantan pengusaha, itu akan mencoba untuk memenuhi apa yang harus diperbaiki dalam rangka sejalan dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha,” tegasnya.

Serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)

Bahlil menyebut prioritas utamanya, sebagai Menteri ESDM dengan masa jabatan hanya 2 bulan sebelum transisi ke pemerintahan baru di bawah presiden terpilih Prabowo Subianto, adalah untuk mengoptimalkan potensi dan produksi sumber daya alam (SDA) dalam rangka meningkatkan pendapatan negara, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.