Logo Bloomberg Technoz

Usai Digantikan Bahlil Jadi Menteri ESDM, Arifin Mau Jadi Petani

Dovana Hasiana
19 August 2024 13:50

Arifin Tasrif saat serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI kepada Bahlil Lahadalia, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)
Arifin Tasrif saat serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI kepada Bahlil Lahadalia, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Periode 2019—2024 Arifin Tasrif mengatakan memiliki keinginan untuk menjadi petani di Jawa Barat usai menyelesaikan tugasnya pada hari ini, Senin (19/8/2024).

Adapun, pernyataan tersebut dilontarkan usai Bahlil Lahadalia dilantik menjadi Menteri ESDM dalam masa sisa jabatan 2 bulan terakhir di Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Arifin tidak menjelaskan dengan detail perihal rencana tersebut, tetapi memastikan bakal berkaitan dengan kegiatan sosial.

“Istirahat dahulu sebentar, habis itu ya bikin aktivitas kecil-kecilan saja. Ingin jadi petani di Jabar, bukan di Bandung,” ujar Arifin saat ditemui usai agenda Serah Terima Jabatan Menteri ESDM di Kantor ESDM, Senin (19/8/2024).

Serah Terima Jabatan Menteri ESDM RI (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)

Dalam sambutannya, Arifin meminta Bahlil untuk mengoptimalkan potensi sumber-sumber cadangan minyak dan gas bumi (migas), utamanya yang terdata di lapangan greenfield. Dalam kaitan itu, Arifin juga mengatakan bakal makin banyak tantangan pada sektor ESDM ke depannya.