Logo Bloomberg Technoz

Hiposentrum Dalam, Gempa Tuban Diharapkan Tak Separah Cianjur

Dityasa Hanin Forddanta
14 April 2023 18:19

Peta guncangan gempa bumi di Tuban dan sekitarnya (bmkg.go.id)
Peta guncangan gempa bumi di Tuban dan sekitarnya (bmkg.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, episentrum gempa berlokasi di 6.29 LS,111.92 BT atau 68 Km Barat Laut Tuban, Jawa Timur. Gempa dengan magnitudo 6,6 terjadi jelang pukul 17.00 WIB, dan dapat dirasakan hingga ke sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Gempa berpusat di pesisir utara Tuban dengan kekuatan magnitudo 6,6 dan kedalaman 632 kilometer," kata Pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Pusdantinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Jumat (14/4/2023).

Menurut dia, tingginya kedalaman pusat gempa menyebabkan ayunan gempa terasa hingga jarak yang cukup jauh. Akan tetapi, dia berharap, gempa di wilayah Tuban ini tak menimbulkan kerusakan besar di sekitar pusat gempa.

"BNPB terus berkordinasi dengan BPBD provinsi hingga kota untuk memantau dan melakukan kajian cepat situasi atau dampak untuk menentukan tindakan tanggap darurat yang diperlukan," ujar Abdul.

Hiposentrum sendiri adalah istilah untuk menentukan kedalaman pusat gempa. Berdasarkan jenisnya, gempa terbagi menjadi tiga sesuai tingkat kedalamannya. Gempa dangkal merujuk pada kedalaman pusat gempa atau hiposentrum di bawah 100 Km. Gempa menengah jika hiposentrum tercatat pada kedalaman 100-300 Km. Sedangkan gempa dalam pada hiposentrum di atas 300 Km.