Logo Bloomberg Technoz

Thaksin Shinawatra Jalani Sidang atas Kasus Penghinaan Kerajaan

News
19 August 2024 13:20

Thaksin Shinawatra pulang ke Thailand (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Thaksin Shinawatra pulang ke Thailand (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan pemimpin Thailand Thaksin Shinawatra muncul di pengadilan Bangkok pada Senin (19/08/2024) saat pengadilan mulai memeriksa bukti dalam kasus penghinaan terhadap kerajaan yang dituduhkan kepadanya. Persidangan Thaksin hanya berselang beberapa hari setelah putrinya resmi menjadi perdana menteri baru di negara Asia Tenggara tersebut.

Thaksin, yang didampingi oleh pengacaranya, memasuki pengadilan dengan mengenakan kemeja kuning, warna yang melambangkan kesetiaan kepada monarki. Kehadirannya di pengadilan terjadi sehari setelah ia menerima amnesti kerajaan yang mengakhiri hukuman satu tahun yang dikurangi dalam kasus korupsi, memungkinkannya bebas dua minggu lebih awal dari akhir masa pembebasan bersyaratnya.

Mantan perdana menteri sebanyak dua kali dan pemimpin de facto dari partai berkuasa Pheu Thai, didakwa pada bulan Juni oleh jaksa penuntut berdasarkan undang-undang lese majeste yang ketat, yang melindungi keluarga kerajaan dari kritik dan undang-undang kejahatan siber.

"Tidak banyak yang perlu dikhawatirkan," kata Thaksin dalam pernyataan singkat kepada wartawan saat tiba di pengadilan. "Kasus ini muncul tak lama setelah kudeta, jadi ini tentang para pelaku kudeta yang menggunakan hukum untuk memperketat kekuasaan."