Logo Bloomberg Technoz

Perbedaan dan Ciri 3 Clade Besar di Cacar Monyet

Dinda Decembria
19 August 2024 13:00

Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/BLACKDAY)
Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/BLACKDAY)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Robert Sinto menjelaskan ada 3 clade besar cacar monyet atau Mpox, yaiitu clade 1b, clade 2a, clade 2b.

Clade 1 muncul di daerah central antara clade 2a, kebanyakan di daerah Afrika barat. Angka kematian clade 1 bisa lebih tinggi mencapai angka kematian hingga 10%. Dan saat ini yang terjadi meningkat kasus clade 1b sehingga menjadi kewaspadaan dunia berhadapan dengan clade Mpox yang meningkat dengan angka mortalitas lebih tinggi.

Cara membedakan gejala cacar monyet yang mulai merebak lagi pada 2022 Clade (II)  dengan gejala Mpox yang pada puluhan tahun lalu yakni pada kelompok clade 1.

Tampilan berbeda ketika muncul pada gejala awal. Yaitu muncul kelainan di kulit, kalau kelompok subclade 2b muncul di Indonesia pasien bisa tidak demam, jadi datang dengan ruam, kemerahan, bintil tapi tidak demam sebelumnya.

"Jadi ini beda dari cerita klasik mpox yang memiliki 1 b, jadi clade 1b akan dimulai demam dulu belum ada ruam kulit kemudian 2-3 hari berikutnya baru muncul ruam pertama," kata Robert.