Logo Bloomberg Technoz

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini merombak merombak empat menteri/wakil menteri hingga tiga kepala badan. Jokowi menunjuk Supratman Andi Agtas menjadi Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.

Jokowi juga melantik Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat menteri investasi/BKPM menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif.

Selanjutnya, eks Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan P. Roeslani —yang juga mantan Ketua Umum Kadin — menjadi Menteri Investasi/BKPM.

Jokowi juga mengubahjabatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, yakni Angga Raka Prabowo. Angga menambah kursi Wamenkominfo yang sebelumnya sudah diisi Nezar Patria.

Selain pelantikan menteri, dalam upacara berbeda, Jokowi juga melantik Hasan Nasbi menjadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. Jokowi juga melantik Kepala Badan Gizi Nasional dan Kepala BPOM baru.

Badan Gizi Nasional merupakan lembaga baru yang dibentuk Jokowi. Badan ini erat kaitannya dengan program makan siang gratis yang menjadi janji kampanye Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran.

Reshuffle kabinet dilakukan Jokowi berdekatan dengan keputusan yang dilakukan belum lama ini. Jokowi terakhir kali merombak susunan kabinetnya pada 18 Juli saat mengganti satu wakil menteri dan menambah dua posisi wakil menteri.

Kala itu Sudaryono dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II, dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Daftar Reshuffle Kabinet Indonesia Maju dan pengangkatan kepala badan yang baru, Senin (19/8/2024):

  1. Menteri Hukum dan HAM: Supratman Andi Agtas
  2. Menteri ESDM: Bahlil Lahadalia
  3. Menteri Invetasi/Kepala BKPM: Rosan P. Roeslani
  4. ⁠Wamenkominfo: Angga Raka Prabowo
  5. Kepala BPOM: Taruna Ikrar
  6. Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan: Hasan Nasbi
  7. Kepala Badan Gizi Nasional: Dadan Hindayana

(wdh)

No more pages