Logo Bloomberg Technoz

Kapal China & Filipina Kembali Bertabrakan di Laut China Selatan

News
19 August 2024 10:40

Kapal Patroli China di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)
Kapal Patroli China di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)

Josh Xiao dan Cliff Venzon - Bloomberg News

Bloomberg, Kapal-kapal penjaga pantai China dan Filipina kembali bertabrakan di Laut China Selatan, menandai gejolak terbaru di perairan yang disengketakan dan menunjukkan bahwa konflik maritim mereka masih tetap tinggi meskipun sudah ada kesepakatan sementara bulan lalu.

Insiden tersebut terjadi pada Senin (19/8/2024) pagi ketika dua kapal dari Penjaga Pantai Filipina "secara ilegal" mencoba memasuki perairan di sekitar Sabina Shoal, demikian ungkap Penjaga Pantai China dalam empat pernyataan yang dirilis di akun WeChat resminya.

Pejabat keamanan nasional Filipina mengatakan bahwa dua kapalnya rusak akibat tabrakan tersebut. Sekitar pukul 3:23 pagi pada 19 Agustus, kapal Filipina "mengabaikan" beberapa peringatan keras dari pihak China dan "dengan sengaja menabrak" kapal China dengan "cara yang tidak profesional dan berbahaya," ujar Beijing, sembari merilis dua video yang menunjukkan pertemuan tersebut.

Filipina menghadapi "manuver yang melanggar hukum dan agresif dari kapal penjaga pantai China" pagi ini, yang mengakibatkan "tabrakan yang menyebabkan kerusakan struktural pada kedua kapal penjaga pantai," kata Asisten Direktur Jenderal Dewan Keamanan Nasional Jonathan Malaya dalam forum yang disiarkan di YouTube Inc.