Logo Bloomberg Technoz

RAPBN 2025: Dana Makan Gratis Rp71 T Termasuk Anggaran Badan Gizi

Azura Yumna Ramadani Purnama
19 August 2024 10:30

Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggaran Makan Bergizi Gratis Rp71 triliun akan dimanfaatkan untuk biaya makanan, distribusi, dan operasional lembaga yang menangani program prioritas Presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut.

Hal itu, tercantum dalam Buku II Nota Keuangan beserta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

“Rancangan anggaran yang akan dialokasikan untuk Program MBG pada tahun 2025 adalah sekitar Rp71,0 triliun atau 0,29% terhadap PDB, yang termasuk biaya makanan, distribusi (safe guarding), dan operasional lembaga yang menangani Program MBG,” tulis Kemenkeu dalam dokumen itu, dikutip Senin (19/8/2024).

Adapun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Badan Gizi Nasional yang salah satu tugasnya bertanggung jawab atas pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis, pembentukan badan baru ini tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 8/2024.

Dadan Hindayana kepala Badan Gizi Nasional yang baru terbentuk (Instagram ekoputrosandjojo diolah)

Badan yang memiliki tugas melaksanakan pemenuhan gizi nasional tersebut dalam menjalankan fungsinya mendapatkan pendanaan dari APBN atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai aturan yang berlaku.