Logo Bloomberg Technoz

IHSG ditutup pada Jumat dengan kenaikan 0,3% dan tetap mendekati level tertinggi sepanjang masa. Indeks tersebut telah naik lebih dari 47% sejak Jokowi menjadi presiden pada tahun 2014.

Berikut ini adalah gambaran saham-saham yang mungkin diuntungkan atau dirugikan oleh anggaran:

Winners:

  • Pengeluaran terkait dengan ketahanan pangan akan meningkat 9% tahun depan, sebagian karena Prabowo berupaya untuk secara bertahap menyediakan makanan gratis bagi siswa dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pengeluaran yang lebih tinggi dapat menguntungkan raksasa makanan PT Indofood Sukses Makmur dan unitnya PT Indofood CBP Sukses Makmur, ditambah pengecer PT Mitra Adiperkasa.
  • Dukungan terhadap program kesehatan masyarakat dan kesejahteraan sosial akan membantu penyedia layanan kesehatan seperti PT Medikaloka Hermina dan PT Mitra Keluarga Karyasehat, produsen obat PT Kalbe Farma, dan produsen produk herbal PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, menurut Andrey Wijaya, kepala penelitian di PT RHB Sekuritas Indonesia.
  • Target pemerintah untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5% tahun depan akan memberikan keuntungan besar bagi pemberi pinjaman karena aktivitas domestik tetap kuat, kata Jerry Goh, direktur investasi ekuitas Asia di abrdn.
  • Produsen otomotif seperti PT Astra International mungkin mendapat dukungan dari peningkatan konsumsi karena pendapatan yang meningkat, menurut Chen Lim dari Maybank.
  • Upaya untuk melanjutkan hilirisasi mineral seharusnya menopang beberapa penambang, termasuk PT Aneka Tambang dan PT Vale Indonesia.
  • Kebijakan energi hijau dapat mendukung perusahaan terbarukan seperti PT Barito Renewables Energy dan PT Petrokimia Gresik.
  • Sektor properti mungkin mendapat dorongan dari prospek yang solid untuk perumahan, hotel, dan ritel, yang mendukung pengembang PT Summarecon Agung dan PT Pakuwon Jati.
  • Asumsi anggaran secara umum sejalan dengan apa yang telah diumumkan sebelumnya, yang dapat membantu menjaga sentimen positif terhadap rupiah hingga Prabowo menjabat mengingat prospek pertumbuhan negara dan ekspektasi penurunan suku bunga bank sentral yang membayangi.

“Menurunnya ketakutan fiskal dan potensi penurunan suku bunga lebih awal dapat menyebabkan investor kembali terlibat di pasar lokal dan memicu kenaikan mata uang yang lebih terbatas,” tulis Goldman Sachs dalam sebuah catatan kepada klien.

Losers:

  • Rencana Indonesia untuk memangkas belanja infrastruktur sebesar 6% dapat memengaruhi beberapa saham konstruksi seperti PT Indonesia Pondasi Raya dan PT PP. “Ketika kita melihat sektor infrastruktur itu sendiri, valuasinya telah terpukul cukup keras,” kata Goh dari abrdn.
  • Namun, dukungan mungkin datang dari perkembangan yang berjalan lambat untuk memindahkan ibu kota negara ke Nusantara, sebuah usulan yang didukung oleh Prabowo.
  • Pengeluaran infrastruktur juga "membenarkan beberapa keuntungan bagi bank-bank jenis perusahaan milik negara, seperti PT Bank Negara Indonesia," kata Sat Duhra, seorang manajer dana di Janus Henderson Group Plc.
  • Rencana pajak untuk minuman manis dapat memukul laba perusahaan-perusahaan barang konsumsi yang bergerak cepat seperti PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Co dan PT Cisarua Mountain Dairy.
  • Target penerbitan obligasi yang lebih besar pada 2025 dapat membebani utang Indonesia tahun depan, meskipun pemerintah dapat menarik uang tunai dari surplus yang terakumulasi jika diperlukan, menurut Maybank.

(bbn)

No more pages