Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi Sepekan: BI Rate dan Pidato Powell Dinantikan

Ruisa Khoiriyah
19 August 2024 08:30

Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan padat kembali datang menyapa para pelaku pasar keuangan baik di domestik maupun global. Kalender ekonomi cukup padat di mana Bank Indonesia akan menggelar Rapat Dewan Gubernur bulanan, mengkaji perkembangan perekonomian terkini dan akan menetapkan kebijakan bunga acuan pada tengah minggu.

Pelaku pasar di regional Asia juga menanti pengumuman bunga acuan Thailand serta Korea Selatan. Sementara dari China, pemberi pinjaman akan menetapkan suku bunga pinjaman utama pada Selasa.

Selain bunga acuan, beberapa negara akan melaporkan data pertumbuhan ekonomi seperti Thailand, data inflasi serta neraca pembayaran.

Bank of Thailand diprediksi akan menolak tekanan pemerintah untuk memangkas bunga acuan. Sedangkan Bank of Korea diprediksi akan mempertahankan kebijakan restriksi moneter menyusul kenaikan inflasi dan harga rumah di Seoul. Sedangkan perbankan di Tiongkok diprediksi mempertahankan tingkat bunga pinjaman utama (Loan Prime Rate) setelah menurunkan pada Juli.

Prediksi BI rate

Konsensus 20 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg sejauh ini memprediksi BI rate akan kembali dipertahankan di level 6,25%. 

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengumumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulan Mei 2024 di Jakarta, Rabu (22/5/2024). (Dimas Ardian/Bloomberg)