Logo Bloomberg Technoz

"Kami menganggap Netanyahu bertanggung jawab penuh," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Sementara di Israel, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan bertemu dengan Netanyahu, Presiden Isaac Herzog, dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, menurut pejabat senior Departemen Luar Negeri AS. Blinken, yang telah melakukan sembilan kali kunjungan ke wilayah tersebut sejak konflik meletus, akan bertolak ke Mesir pada Selasa (20/8/2024).

Selama perundingan tingkat tinggi dalam pertemuan dua hari pekan lalu di Doha, Israel dan AS berupaya mempersempit kesenjangan dengan para pejabat Mesir dan Qatar yang berperan sebagai perantara Hamas. Pembicaraan akan dilanjutkan di Kairo akhir pekan ini, meskipun belum ada tanggal resmi yang ditetapkan.

Perang di daerah kantong Palestina itu pecah setelah para pejuang Hamas menyerbu masuk ke Israel selatan pada 7 Oktober lalu, menewaskan sekitar 1.200 orang. Israel merespons dengan serangan udara dan darat dan lebih dari 40.000 orang telah tewas, menurut pejabat kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas.

Para pejabat AS mengatakan upaya untuk mencapai kesepakatan untuk mengakhiri konflik mendekati tahap akhir dan para negosiator Israel pada akhir pekan lalu "menyampaikan kepada perdana menteri optimisme yang hati-hati mengenai kemungkinan kemajuan dalam kesepakatan tersebut, sesuai dengan proposal Amerika yang telah diperbarui," menurut pernyataan dari kantor Netanyahu.

Proposal tersebut menyerupai rencana tiga tahap sebelumnya yang diresmikan pada Mei oleh Presiden AS Joe Biden, yang menyerukan penangguhan permusuhan, pertukaran sandera dengan tawanan, penarikan pasukan Israel, dan kembalinya warga sipil Palestina ke Jalur Gaza utara.

Netanyahu sebelumnya bersikeras bahwa tentara Israel tetap ditempatkan di sepanjang koridor Philadelphi dan Netzarim yang strategis di Gaza untuk mencegah penyelundupan senjata dari Mesir dan mencegah kelompok bersenjata Hamas untuk kembali ke Gaza utara bersama dengan warga sipil.

Hal lain yang mencuat dalam perundingan ini adalah jumlah sandera Israel yang akan dibebaskan pada putaran pertama pertukaran tawanan Palestina.

Dalam sinyal fleksibilitas, rute Netzarim, yang membelah Gaza, tidak disebutkan dalam pernyataan yang dikeluarkan Netanyahu setelah kedatangan Blinken. Namun, Hamas menyatakan dalam pernyataannya bahwa pada kenyataannya Israel terus bersikeras pada kehadiran militer di Netzarim dan telah menempatkan "syarat-syarat baru" dalam pertukaran sandera dengan tawanan.

Pada Sabtu (17/8/2024), dua orang tentara cadangan Israel tewas dalam serangan bom dan senjata di rute Netzarim, kata Pasukan Pertahanan Israel. Sejak serangan darat Gaza pertama pada Oktober, IDF telah kehilangan 332 personel dalam aksi di daerah kantong Palestina dan di front lain.

Dalam pernyataan sebelumnya pada Minggu, Netanyahu menuduh Hamas--yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa--sebagai organisasi yang "sangat keras kepala". Dia mengatakan tekanan internasional harus diarahkan pada Hamas dan komandan utamanya, Yahya Sinwar, yang diyakini bersembunyi di Gaza.

Israel mengirim "tim kerja" ke Kairo pada Minggu untuk menyediakan kerangka kerja logistik untuk pertemuan kepala lanjutan, menurut pejabat pemerintah yang tidak ingin disebutkan namanya untuk membahas informasi sensitif.

(bbn)

No more pages