Logo Bloomberg Technoz

Israel & Hamas Saling Tuding Halangi Kesepakatan Gencatan Senjata

News
19 August 2024 07:40

Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)
Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)

Marissa Newman dan Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Israel dan Hamas saling menyalahkan satu sama lain karena menghalangi kesepakatan gencatan senjata dan penyanderaan ketika diplomat tertinggi AS tiba di Tel Aviv untuk mendorong tercapainya kesepakatan.

Para mediator mengatakan bahwa putaran perundingan saat ini telah membawa kedua belah pihak paling dekat pada jeda resmi dalam pertempuran selama berbulan-bulan. Namun, keberatan dari kedua belah pihak pada Minggu (18/8/2024) meningkatkan kemungkinan kebuntuan baru.

"Kami sedang melakukan negosiasi dan bukan skenario di mana kami hanya memberi dan memberi," kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Minggu di awal pertemuan kabinetnya. "Ada beberapa hal yang dapat kami fasilitasi dan ada beberapa hal yang tidak dapat kami fasilitasi, yang akan kami tegaskan. Kami tahu bagaimana membedakan keduanya dengan sangat baik."

Hamas merilis pernyataan tak lama setelah itu yang merinci apa yang dikatakannya sebagai tuntutan baru Israel yang menurut kelompok militan itu akan menghalangi tercapainya kesepakatan.