Logo Bloomberg Technoz

"Pasar keuangan akan peka terhadap setiap kata-katanya," tulis para ahli strategi Commonwealth Bank of Australia yang dipimpin Joseph Capurso dalam catatannya.

"Kami memperkirakan Powell akan memberikan lampu hijau untuk pemangkasan pada 19 September, tapi kami memperkirakan Powell akan mempertahankan opsi untuk pemangkasan yang tertunda atau pemangkasan yang lebih besar yang bergantung pada IHK dan gaji berikutnya."

Goldman Sachs pada akhir pekan lalu memangkas probabilitas resesi AS pada tahun depan menjadi 20% dari 25%, mengutip data penjualan ritel dan klaim pengangguran minggu lalu. Jika laporan pekerjaan Agustus yang akan dirilis pada 6 September "terlihat cukup baik, kami mungkin akan memangkas probabilitas resesi kami kembali ke 15%," tulis para ekonom Goldman yang dipimpin Jan Hatzius dalam laporannya kepada para kliennya pada Sabtu (17/8/2024).

Bursa saham Asia. (Dok: Bloomberg)

S&P 500 naik untuk hari ketujuh berturut-turut pada Jumat karena sebagian besar saham-saham besar menguat, dengan Nvidia Corp yang memimpin kenaikan. Nike Inc mencatatkan kemenangan beruntun terpanjang dalam lebih dari delapan tahun. Applied Materials Inc merosot setelah perkiraan penjualan yang mengecewakan para investor yang mengharapkan hasil yang lebih besar dari belanja kecerdasan buatan. "Pengukur ketakutan" Wall Street--VIX--turun di bawah 15. 

Imbal hasil obligasi 10 tahun turun tiga basis poin menjadi 3,88%, sementara dolar mengalami penurunan minggu ketiga berturut-turut--rentetan terpanjang sejak Maret. Hedge fund berubah menjadi bullish pada mata uang Jepang untuk pertama kalinya sejak 2021 setelah perubahan tajam di pasar valuta asing menyebabkan ledakan perdagangan yen yang populer.

Emas mencapai US$2.500 di tengah harapan bahwa The Fed semakin dekat dengan pemangkasan suku bunga. Di Asia minggu ini, investor akan mengamati pertemuan bank sentral di Indonesia dan Korea Selatan untuk tanda-tanda pelonggaran kebijakan, sementara keputusan Thailand akan menjadi sangat penting setelah adanya laporan bahwa perdana menteri baru negara tersebut dapat meninggalkan paket stimulus utama.

China diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pinjaman 1 dan 5 tahun tetap stabil setelah People's Bank of China minggu lalu menjanjikan langkah-langkah lebih lanjut untuk mendukung pemulihan ekonomi, sembari memperingatkan bahwa mereka tidak akan mengambil langkah-langkah "drastis."

Di tempat lain, geopolitik sepertinya akan muncul ke permukaan ketika para trader menantikan rincian lebih lanjut mengenai rencana ekonomi Kamala Harris yang telah dikukuhkan sebagai nominasi Partai Demokrat pada konvensi minggu ini.

Para trader juga akan mengamati perkembangan di Timur Tengah di tengah-tengah tanda-tanda bahwa upaya terakhir untuk mencapai kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata goyah, sementara perang Rusia-Ukraina meningkat. Minyak turun tipis pada Senin (19/8/2024) pagi. 

"Bagaimana pasar memperdagangkan pasar saham di sekitar minggu yang "tenang" untuk data, yang diisi dengan lebih banyak keputusan dan panduan bank sentral akan menjadi penting dalam menyiapkan nada untuk akhir bulan yang lebih sibuk," kata Bob Savage, kepala strategi dan wawasan pasar di BNY.

"Selanjutnya, minggu depan diperkirakan akan didominasi oleh ketidakpastian politik dan geopolitik."

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 berjangka naik 0,1% pada pukul 7:33 pagi waktu Tokyo
  • Hang Seng berjangka naik 0,9%
  • S&P/ASX 200 berjangka turun 0,2%
  • Nikkei 225 berjangka turun 1,2%

Mata Uang

  • Euro sedikit berubah pada US$1,1034
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 147,70 per dolar
  • Yuan luar negeri sedikit berubah pada 7.1610 per dolar
  • Dolar Australia sedikit berubah pada US$0,6675

Mata Uang Kripto

  • Bitcoin turun 0,5% menjadi US$59.522,32
  • Eter turun 0,4% menjadi US$2.655,15

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi 10 tahun turun tiga basis poin menjadi 3,88% pada Jumat

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 0,4% menjadi US$76,36 per barel
  • Emas spot turun 0,1% menjadi US$2,504.40 per ons

(bbn)

No more pages