Logo Bloomberg Technoz

Jejak Bahlil: Dari Kisruh Tambang ke Bioetanol, Kini Menteri ESDM

Redaksi
19 August 2024 09:45

Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz)
Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo secara resmi telah melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada hari ini, Senin (19/8/2024), menggantikan Arifin Tasrif.

Adapun, Bahlil —yang belakangan sempat digadang-gadang sebagai calon kuat Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) — sebelumnya merupakan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bahlil juga beberapa kali ditunjuk oleh Jokowi untuk memegang jabatan tertentu, seperti Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi (alias Satgas Tambang), Satgas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, hingga Satgas Percepatan Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dilansir melalui situs resmi Kementerian Investasi/BKPM Bahlil pernah menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pada periode 2015—2019. Bahlil juga memimpin delegasi perdagangan bagi pengusaha muda ke Jepang pada 2016 dan ke Eropa pada 2018 (HIPMI-Europe Trade Mission 2018).

Dilansir melalui situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 1 April 2024 untuk periode 2023, Bahlil tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp310,42 miliar. 

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana