Logo Bloomberg Technoz

Produsen utama China Baowu Steel Group Corp memperingatkan tantangan yang lebih buruk bagi industri tersebut daripada penurunan besar pada 2008 dan 2015. Pengamat pasar termasuk Macquarie Group Ltd. memperkirakan bijih besi akan tetap tertekan karena pasokan global tampaknya lebih cepat dari permintaan.

Pergerakan harga bijih besi pada penutupan Jumat (16/8/2024)./dok. Bloomberg

Gas Alam

AS melaporkan penarikan stok gas alam mingguan pertamanya sejak 2016 dan yang pertama untuk periode ini dalam setidaknya satu dekade. Musim panas yang terik telah menyebabkan orang-orang menyalakan AC mereka, sehingga meningkatkan permintaan gas untuk menggerakkan pembangkit listrik yang mendukung jaringan listrik.

Penurunan pasokan merupakan tanda bahwa gas, yang secara tradisional dianggap sebagai bahan bakar pemanas, menjadi semakin penting untuk menjaga lampu tetap menyala dan AC tetap menyala di bulan-bulan yang lebih panas.

Pergerakan mingguan pasokan gas alam AS./dok. Bloomberg

Kedelai China

China melakukan pembelian kedelai AS terbesarnya untuk panen baru sejak 2023 minggu lalu, menambah persediaan yang melimpah. Namun, negara Asia tersebut lambat mengamankan pasokan AS untuk panen yang akan mulai dipanen petani bulan depan, dengan volume yang belum terpenuhi pada titik terendah sejak tahun-tahun perang dagang Donald Trump.

China telah beralih dari pembelian AS selama beberapa tahun terakhir, memanfaatkan panen Brasil yang melimpah. China akan memulai tahun pemasaran 2024—2025 dengan cukup kedelai untuk memenuhi lebih dari sepertiga permintaannya untuk musim tersebut — yang paling banyak sejak setidaknya 2004.

Inventori kedelai China./dok. Bloomberg

Tenaga Nuklir

Industri nuklir global telah mengalami kebangkitan dalam beberapa tahun terakhir, dengan lebih dari 80 desain untuk reaktor modular kecil (SMR) yang sedang dikembangkan. Namun, BloombergNEF tidak mengantisipasi kedatangan SMR di jaringan listrik hingga 2030-an, karena biaya dan tantangan regulasi. 

Sementara itu, proyek reaktor, khususnya di Barat, terus berjalan di belakang jadwal dan menghabiskan biaya lebih dari yang dibayangkan. Pabrik Hinkley Point C milik Electricite de France SA masih dalam tahap pembangunan dan proyek NuScale Power Corp. yang berbasis di Idaho dihentikan karena biaya yang tinggi.

Estimasi biaya proyek pembangkit nuklir./dok. Bloomberg

Minyak Meksiko

Produksi minyak dari Petroleos Mexicanos Meksiko telah merosot hingga sekitar setengah dari puncaknya sejak 20 tahun lalu. Ini merupakan pertanda buruk bagi perusahaan pengeboran milik negara, yang aset konvensionalnya hampir habis karena berusaha keluar dari beban utang hampir US$100 miliar.

Sekarang perusahaan mungkin mengalihkan fokus untuk bekerja lebih erat dengan sektor swasta, mencapai kesepakatan dengan perusahaan pengeboran CME Oil and Gas untuk mengeksplorasi lebih dalam dua ladang minyak matang di Teluk Meksiko, sebuah rencana yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dari ladang minyak tersebut 10 kali lipat pada 2028.

Produksi minyak Meksiko./dok. Bloomberg

(bbn)

No more pages