Logo Bloomberg Technoz

Rosan Roeslani, Asam Garam Dunia Bisnis hingga Kursi Manis BKPM

Redaksi
19 August 2024 09:40

Rosan Roeslani. (Dok: Mis Fransiska Dewi/Bloomberg Technoz)
Rosan Roeslani. (Dok: Mis Fransiska Dewi/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet dengan menunjuk Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi/BKPM menggantikan Bahlil Lahadalia. Berikut profil Rosan Roeslani yang dikenal sebalumnya sebagai ketua tim sukses Prabowo-Gibran.

Rosan Roeslani dikenal sebagai pengusaha tulen yang dalam makin dikenal namanya saat menjabat sebaga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2020. 

Pria kelahiran Jakarta, 31 Desember 1968 mulai menggeluti bisnis sesuai dengan disiplin ilmu yang ia dalami. Gelar BA di bidang Administrasi Bisnis ia raih dari Oklahoma State University, Amerika Serikat pada tahun 1993. Selepas meraih gelar tersebut dia memulai kariernya dengan bekerja di sebuah lembaga keuangan perbankan.

Setahun bekerja, ia kembali meneruskan studinya ke Eropa. Roslan belajar di Antwerpen European University Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA). Pada tahun 1996, ia berhasil meraih gelar master dan kembali ke Indonesia. 

Bisnisnya ia rintis bersama dua sahabatnya Sandiaga Uno dan Elvin Ramli dengan dengan merintis usaha sebagai finansial avisor. Dilansir dalam situs resminya, perusahaan ini pada tahun 1997 mereka namai PT Republik Indonesia Funding, lebih dikenal sebagai Finance Indonesia.