Logo Bloomberg Technoz

Cacar Monyet Buka Potensi Kekuatan Farmasi Jerman

News
18 August 2024 18:00

Vaksin cacar monyet. (Envato/YuriArcursPeopleimages)
Vaksin cacar monyet. (Envato/YuriArcursPeopleimages)

Sara Sjolin-Bloomberg News

Bloomberg, Setelah Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, minggu ini memperingatkan bahwa jenis penyakit mpox atau cacar monyet yang bisa menyebar cepat bisa menjadi ancaman global, Denmark kembali memiliki potensi pengobatan yang menggarisbawahi kapasitsnya mengalahkan perusahaan farmasi besar di Inggris dan Amerika Serikat. 

Dari pengobatan penyakit diabetes dan depresi, negara berpenduduk enam juta orang itu berhasil melampaui kemampuannya di sektor farmasi, dan vaksin mpox buatan  Bavarian Nordic A/S - satu-satunya vaksin virus mematikan yang diizinkan oleh regulator - merupakan batu loncatan paling baru.

Hal yang kelihatan sebagai sensasi tiba-tiba sebenarnya buah hasil dari proses selama beberapa dekade, dan sebagian besar berasal dari satu dampak dari kinerja Novo Nordik A/S. Perusahaan obat penyakit diabetes Ozempic dan zat penurun berat badan Wegovy ini menjadi sumber pakar farmasi dan memicu perusahaan sejenis ini menjadi perusahaan paling berharga di Eropa pada September tahun lalu. 

"Banyak orang ingin meniru yang terjadi di sini, tapi itu tidak mudah," kata Chritian Grondahl, pengusana bioteknologi Denmar yang sebelumnya mendirikan dua starup. "Perlu banyak ramuan untuk meniru kesuksesan itu.