Logo Bloomberg Technoz

Paetongtarn Shinawatra Resmi Dilantik Sebagai PM Termuda Thailand

News
18 August 2024 11:30

Putri mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Shinawatra, 37 tahun. (Dok: Bloomberg)
Putri mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Shinawatra, 37 tahun. (Dok: Bloomberg)

Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Paetongtarn Shinawatra menerima pengesahan resmi dari Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, menjadi perdana menteri termuda negara tersebut.

Pengesahan kerajaan Paetongtarn berlangsung dalam sebuah upacara tradisional pada Minggu (18/08/2024), setelah ia memenangkan pemungutan suara parlemen pada Jumat (16/08/2024) dengan hampir dua pertiga suara mayoritas. Wanita berusia 37 tahun ini terpilih untuk posisi perdana menteri setelah Mahkamah Konstitusi negara tersebut memberhentikan Srettha Thavisin dalam kasus pelanggaran etika.

"Penunjukkan kerajaan adalah penghargaan tertinggi bagi saya dan keluarga saya," katanya kepada TV NBT milik negara. "Saya berjanji untuk bekerja dengan kapasitas dan loyalitas penuh saya."

Putri bungsu dari mantan pemimpin Thailand Thaksin Shinawatra ini memenangkan suara parlemen untuk jabatan tertinggi dengan mempertahankan aliansi yang sulit antara Partai Pheu Thai yang dikendalikan Shinawatra dan sejumlah partai yang didukung oleh kaum royal, konservatif, dan militer yang bergabung setelah pemilihan tahun lalu.