Logo Bloomberg Technoz

"Karena kita memerlukan kolaborasi global dan juga untuk meningkatkan awareness dari negara-negara termasuk Indonesia. Dengan kita memiliki populasi kunci, atau populasi berisiko tinggi, artinya kemungkinan kita mengalami lonjakan kasus itu juga besar dan ada," kata Dicky.

Dicky juga mengingatkan kepada pemerintah harus merespon wabah Mpox ini dengan meningkatkan deteksi di lokasi yang tertutup atau daerah yang sulit terjangkau.

"Ditambah lagi dengan kondisi tertutup mereka sulit dijangkau, dalam kondisi terstigmatisasi. Jadi pemerintah harus merespons dengan meningkatkan deteksi penjangkauan. Diraih, dirangkul, libatkan NGO ya, kelompok-kelompok yang bisa menjangkau mereka kelompok sebaya atau mungkin tentu dengan strategi komunikasi risiko,"ujar Dicky.

Selain itu, Indonesia juga perlu meningkatkan surveilans dalam menghadapi mpox yakni dengan adanya pengadaan vaksinasi.

Kemudian kata Dicky, kunci menekan angka sebaran wabah cacar monyet adalah dengan melakukan promosi dan imbauan soal perilaku sex sehat dan aman.

"Yang perlu ditingkatkan tentu pengadaan vaksinnyai. Itu menjadi kunci menekan sebaran, selain kita harus meningkatkan promosi, perilaku seks sehat dan aman,"tandas Dicky.

WHO kini tengah berupaya menahan penyebaran virus yang berpotensi mematikan tersebut.

"[Penyebaran cacar monyet jenis baru di Republik Demokratik Kongo] dideteksi pada negara-negara tetangga yang sebelumnya tidak dilaporkan, dan potensi penyebaran lebih lanjut di Afrika dan sekitarnya sangat mengkhawatirkan,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (14/8/2024).

(dec/del)

No more pages