Logo Bloomberg Technoz

Pejabat AS mengatakan bahwa upaya untuk mencapai gencatan senjata mendekati tahap akhir setelah usulan baru. Usulan tersebut sangat mirip dengan rencana tiga tahap yang sebelumnya diungkapkan oleh Presiden Joe Biden pada Mei, yang menyerukan penghentian permusuhan, pertukaran sandera dengan tahanan, penarikan sebagian pasukan Israel, dan kembalinya warga sipil Palestina ke Jalur Gaza utara.

Poin-poin perdebatan dalam rencana ini termasuk tuntutan Israel untuk mempertahankan pasukan di dua koridor strategis, pertanyaan tentang bagaimana Hamas dapat dicegah untuk kembali ke Gaza utara, dan berapa banyak sandera hidup yang dapat dan harus dibebaskan dalam tahap pertama.

"Diharapkan bahwa tekanan besar pada Hamas oleh Amerika Serikat dan para mediator akan menghilangkan penolakan mereka terhadap usulan Amerika dan akan mengarah pada terobosan dalam pembicaraan," menurut pernyataan Israel. Perwakilan Hamas menolak untuk berpartisipasi dalam pembicaraan baru-baru ini.

Meskipun ada kemajuan dalam negosiasi gencatan senjata, ketegangan di wilayah tersebut tetap tinggi. Pada Sabtu (17/08/2024), Hizbullah menembakkan salvo roket ke Israel utara setelah salah satu serangan paling mematikan di Lebanon sejak kedua belah pihak mulai saling serang lebih dari 10 bulan yang lalu.

(bbn)

No more pages