Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Global Pekan Depan: Pidato Powell, Pertemuan Bank Sentral

News
18 August 2024 08:30

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Semua mata akan tertuju ke pegunungan Wyoming minggu ini untuk simposium Jackson Hole bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed). Puncak acara akan datang pada Jumat (23/08/2024), ketika Gubernur The Fed Jerome Powell berbicara tentang prospek ekonomi dalam pidato utama pukul 10 pagi waktu New York.

Dengan bank sentral AS mendekati titik pivot yang krusial, sulit untuk melebih-lebihkan seberapa besar perhatian yang akan diberikan pasar keuangan. Pertama-tama, mereka mencari konfirmasi bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga pada bulan September. Namun, lebih banyak drama mengelilingi apa yang terjadi setelah itu, dan kecepatan pemotongan tambahan selama beberapa bulan ke depan ketika The Fed menghadapi risiko ganda terhadap inflasi dan ketenagakerjaan.

Data inflasi vs pengangguran AS. (Sumber: Bloomberg)

Gubernur bank sentral Inggris atau Bank of England (BOE) Andrew Bailey juga akan tampil pada Jumat, dan Philip Lane, kepala ekonom di Bank Sentral Eropa, akan berbicara sehari kemudian. Konferensi ini biasanya menjadi ajang untuk beragam komentar tambahan dari berbagai pembuat kebijakan dan ekonom.

Rincian jadwal untuk simposium Jumat-Sabtu akan dipublikasikan pada Kamis (22/08/2024) malam waktu setempat.