Logo Bloomberg Technoz

Data Ekonomi Positif, Goldman Turunkan Peluang Resesi AS Jadi 20%

News
18 August 2024 07:30

Logo Goldman Sachs & Co. (Scott Eells/Bloomberg)
Logo Goldman Sachs & Co. (Scott Eells/Bloomberg)

Alan Goldstein - Bloomberg News

Bloomberg, Ekonom Goldman Sachs Group Inc menurunkan kemungkinan resesi AS dalam setahun ke depan menjadi 20% dari 25%, dengan merujuk pada data penjualan ritel dan klaim pengangguran minggu ini.

Jika laporan pekerjaan Agustus yang akan dirilis pada 6 September "terlihat cukup baik, kami mungkin akan memangkas kemungkinan resesi kami kembali ke 15%, di mana ekonomi AS bertahan selama hampir setahun" sebelum revisi pada 2 Agustus, kata ekonom Goldman yang dipimpin oleh Jan Hatzius dalam sebuah laporan kepada klien pada Sabtu (17/08/2024).

Serangkaian data yang menunjukkan ketahanan ekonomi AS mendorong saham ke minggu terbaiknya tahun ini, dengan pembeli dip (investor yang membeli saham ketika harga sedang turun) masuk setelah penurunan baru-baru ini. Nilai penjualan ritel meningkat pada bulan Juli, paling tinggi sejak awal 2023. Data pemerintah yang terpisah menunjukkan jumlah klaim tunjangan pengangguran berada di level terendah minggu lalu sejak awal Juli.

Ekonom Goldman juga mengatakan mereka telah menjadi "lebih percaya diri" bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin pada pertemuan kebijakan September, "meskipun kejutan penurunan lapangan kerja lain pada 6 September masih dapat memicu penurunan sebesar 50 basis poin."