Logo Bloomberg Technoz

"Saya akan mengabdikan diri untuk mendukung pemimpin baru yang dipilih melalui pemilihan presiden sebagai prajurit," kata Kishida pada jumpa pers yang disiarkan secara nasional pada Rabu (14/08/2024).

Mengacu pada dominasi LDP di parlemen, siapa pun yang nantinya akan menggantikan posisi Kishida hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri berikutnya. Pengganti Kishida akan menjadi perdana menteri ketiga Jepang sejak Shinzo Abe, pemimpin terlama negara itu, yang mengundurkan diri pada September 2020.

Pejabat The Fed: Pemotongan Suku Bunga Mungkin di Akhir Tahun

Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic (Sumber: Bloomberg)

Gubernur Federal Reserve Bank of Atlanta, Raphael Bostic, mengatakan butuh waktu untuk mengumpulkan lebih banyak data sebelum mendukung penurunan suku bunga. Dia menekankan ingin memastikan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) tidak perlu mengubah arah kebijakan setelah memangkas suku bunga acuan.

"Kami ingin benar-benar yakin," kata Bostic pada Selasa (13/08/2024) dalam sambutannya kepada Konferensi Profesional Keuangan Afrika-Amerika di Atlanta. "Akan sangat buruk jika kami mulai memangkas suku bunga dan kemudian harus berbalik dan menaikkannya lagi."

Dia menegaskan kembali sikap yang dia pegang sejak Maret bahwa dia kemungkinan akan siap untuk melakukan pemangkasan "pada akhir tahun," tetapi mengakui bahwa dia terdorong oleh data inflasi baru-baru ini.

Topan Ampil Picu Ratusan Pembatalan Penerbangan di Jepang

Ilustrasi penerbangan pesawat. (Sumber: Bloomberg)

Topan Ampil semakin dekat ke pulau utama Jepang, Honshu, pada Jumat (16/08/2024). Hal ini memaksa maskapai penerbangan utama Jepang untuk membatalkan penerbangan, dan pemerintah mengeluarkan peringatan terhadap kemungkinan tanah longsor dan banjir.

Japan Airlines Co dan All Nippon Airways Co membatalkan sekitar 90 penerbangan internasional, berdampak pada lebih dari 15.000 penumpang. Kedua maskapai juga membatalkan sekitar 560 penerbangan domestik, yang berdampak pada sekitar 104.000 pelancong yang ingin terbang ke sejumlah tujuan seperti Okinawa, Osaka, dan Fukuoka.

Namun kini, kehidupan di Tokyo dan daerah sekitarnya sudah kembali normal setelah topan memicu pemadaman listrik. Layanan penerbangan hingga kereta peluru juga sudah kembali seperti semula.

Putri Thaksin Terpilih Jadi PM Baru Thailand

PM baru Thailand Paetongtarn Shinawatra (Dok: Bloomberg)

Paetongtarn Shinawatra, putri mantan pemimpin Thailand Thaksin Shinawatra, memenangkan pemungutan suara di parlemen untuk menjadi perdana menteri baru negara Asia Tenggara tersebut, yang mengakhiri masa-masa penuh gejolak di mana pengadilan menggulingkan pendahulunya dan membubarkan partai oposisi utama.

Paetongtarn, 37 tahun, mendapatkan dukungan dari sedikitnya 251 anggota parlemen pada pertengahan pemungutan suara di DPR yang beranggotakan 500 orang. Pencalonannya didukung oleh koalisi beranggotakan 11 anggota yang dipimpin oleh Partai Pheu Thai yang dikendalikan oleh Shinawatra dan memiliki lebih dari 300 anggota parlemen di majelis rendah.

Dia menjadi anggota ketiga dari klan Shinawatra yang berpengaruh yang memimpin negara ini dan perdana menteri termuda dalam sejarah Thailand. Ia dipilih untuk menduduki posisi puncak setelah Mahkamah Konstitusi Thailand memberhentikan Srettha Thavisin sebagai perdana menteri dalam kasus pelanggaran etika yang terkait dengan penunjukan pengacara yang tercemar sebagai menteri.

Ekonomi China Gagal Pulih, Pengangguran Naik & Investasi Melambat

Ilustrasi aktivitas ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

Perekonomian China gagal pulih dan pengangguran naik untuk pertama kalinya sejak Februari, karena konsumsi yang lambat dan investasi yang mengecewakan menyeret pertumbuhan.

Biro Statistik Nasional pada Kamis (15/08/2024) mengatakan, output industri naik 5,1% pada Juli dari tahun sebelumnya, turun dari kenaikan 5,3% pada Juni. Tingkat pengangguran perkotaan mencapai 5,2%.

Penjualan ritel naik 2,7%, sedikit lebih baik dari perkiraan dan naik dari kenaikan 2% pada bulan sebelumnya. Mereka kemungkinan diuntungkan dari basis perbandingan yang lebih baik, dan musim liburan musim panas.

Data terbaru dari negara dengan perekonomian senilai US$17 triliun itu menunjukkan permintaan domestik hampir tidak diuntungkan dari upaya pemerintah baru-baru ini untuk meningkatkan konsumsi dan memperbaiki ketidakseimbangan dalam pemulihan China.

(del)

No more pages