Logo Bloomberg Technoz

“Jadi sebetulnya yang perlu saya garis bawahi adalah makan bergizi gratis ini ada tiga tujuan, SDM (sumber daya manusia) yang unggul dan lebih cerdas dan UMKM (usaha menengah, kecil, dan mikro) yang lebih diberdayakan, jadi kalau istilah ekonominya akan menimbulkan multiplier effect (efek berlapis),” kata Thomas. 

Secara menyeluruh, dia memaparkan ada lima faktor utama yang menopang pertumbuhan perekonomian ekonomi 2025, yaitu konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah berkualitas, peningkatan investasi, peningkatan ekspor dan transformasi ekonomi. 

“Transformasi ekonomi tidak kalah pentingnya, ini kaitannya dengan peningkatan daya saing, dengan produktivitas, dengan peningkatan ketahanan pangan, ketahanan energi, industri hijau, dan pengembangan di sektor elektronik serta digital,” Jelas Thomas.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah mewaspadai risiko geopolitik dan ekonomi global yang saat ini masih terjadi seperti perang di Ukraina dan Rusia, gejolak di Timur Tengah, dan kondisi ekonomi dunia yang tidak stabil.

“Jadi ini risiko-risiko yang perlu diawasi, tapi ini kaitannya dengan resiliensi ekonomi Indonesia sendiri, pertumbuhan ekonomi kita selama ini cukup baik, dan tahun depan ditargetkan sebesar 5,2%, jadi ini mencerminkan resiliensi,” kata Thomas. 

(lav)

No more pages