Logo Bloomberg Technoz

Paspor Baru RI Warna Merah & Putih, Desain 33 Kain Nusantara

Redaksi
17 August 2024 17:40

Paspor Merah Indonesia (Dok. Ditjen Imigrasi)
Paspor Merah Indonesia (Dok. Ditjen Imigrasi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah mengubah desain Paspor dari yang semula berwarna hijau kebiruan menjadi warna merah dan putih. Paspor terbaru juga dilengkapi motif 33 kain nusantara untuk desain lembaran kertas di dalamnya.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM resmi meluncurkan desain dan warna paspor terbaru itu bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Sabtu, 17 Agustus 2024. Paspor dengan desain baru akan mulai berlaku tahun depan, tepatnya pada 17 Agustus 2025.

"Warna merah dan putih identik dengan Indonesia dan membawa semangat perjuangan. Ini melambangkan simbol pemersatu bangsa, kehormatan dan sejarah perjuangan bangsa, keberanian dan kesucian," ujar Dirjen Imigrasi Silmy Karim seperti dikutip dari video Peluncuran Desain dan Warna Paspor Baru yang beredar di YouTube, Sabtu (17/8/2024). 

Dia menjelaskan, desain paspor baru Indonesia mengangkat tema keindahan kain tradisional Indonesia, seperti batik, songket, ikat, dan tenun yang telah mendapat pengakuan internasional. Menurut dia, motif kain nusantara melambangkan keragaman budaya, etnis, ras, dan golongan, serta corak kebidupan berbangsa yang merupakan modal dalam mewujudkan cita-cita bernegara.

"Kita banyak tidak tahu ada 5.849 motif dan desain kain dari Sabang sampai Merauke. Kami ambil dari motif 33 kain untuk mewakili keberagaman Indonesia," papar Silmy panjang.