Logo Bloomberg Technoz

Sementara Wakil Presiden (Wapres) Ma'aruf Amin mengikuti upacara tersebut secara serentak dan terhubung atau hybrid di Istana Negara Jakarta bersama Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Sebagai informasi dalam pengibaran yang dilaksanakan di IKN ini Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia.

Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka perwakilan Provinsi Kalimantan Timur terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih, dan saat ini, dirinya tercatat sebagai pelajar dari SMA Katolik Santo Pransiskus.

Di samping itu, Kolonel Inf. Nur Wahyudi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Ketua DPR RI Puan Mahari didapuk untuk membaca naskah teks proklamasi, disusul dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. 

Puan Maharani di Upacara Bendera di IKN 17 Agustus 2024 (Youtube Setpres)

Adapun sejumlah tamu undangan pejabat tinggi negara yang terlihat hadir dalam upacara tersebut diantaranya; Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, para Menteri Kabinet Jokowi seperti; Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

(prc/wep)

No more pages