Logo Bloomberg Technoz

Sempat Polemik, Anggota Paskibraka HUT RI Akhirnya Pakai Hijab

Redaksi
17 August 2024 14:30

Anggota Paskibraka saat Kirab Bendera Pusaka dari Monas menuju Istana Merdeka di Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Anggota Paskibraka saat Kirab Bendera Pusaka dari Monas menuju Istana Merdeka di Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dinamakan 'Tim Nusantara Baru' didaulat untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Terpantau dari siaran langsung, beberapa anggota tim paskibraka mengenakan hijab saat menjadi petugas upacara. Hal ini menjadi sorotan di tengah polemik aturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang memaksa petugas upacara untuk melepas hijab dengan mengatasnamakan keseragaman. 

Paskibraka 2024 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 13 Agustus 2024, di Istana Negara, IKN. Sebanyak 76 anak muda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugas bersejarah hari ini.

Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia tercatat sebagai pelajar dari SMA Katolik Santo Pransiskus.

"Bertugas sebagai cadangan pembawa baki ialah Paskibraka putri asal Provinsi Sulawesi Tenggara, Lutfiyah Naurasyifa Utoyo. Ia merupakan pelajar SMA Negeri 1 Kendari," demikian tertulis dalam keterangan pers Sekretariat Presiden, Jumat (17/8/2024).