Logo Bloomberg Technoz

Adapun Presiden terpilih Prabowo Subianto yang turut menemani Presiden Jokowi upacara di IKN terlihat mengenakan pakaian adat berwarna hitam, khas Jawa.

Sementara Wapres Ma'ruf Amin bersama istri Wury Estu Handayani diketahui mengenakan baju adat Pontianak, Kalimantan Barat, yakni setelan Teluk Belanga warna kuning emas. 

Berdasarkan sejarahnya, warna kuning emas melambangkan kejayaan, kemakmuran, dan keagungan. Sementara, hal menarik terlihat dari corak insang yang terinspirasi oleh masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Kapuas. 

Upacara Peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 dari dua lokasi, Jakarta dan IKN Kaltim. (Dok: Youtube/Setpres)

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka terpantau menghadiri Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara Jakarta dengan mengenakan adat Papua, lengkap dengan membawa tombak. Istri Gibran, Selvi Ananda nampak terlihat menggunakan baju adat khas Lampung.

Untuk diketahui, pakaian adat Papua menggambarkan kedekatan suatu suku dengan alamnya. Sehingga, pakaian adat Papua terbuat dari tumbuh-tumbuhan maupun bagian-bagian dalam hewan, yang menggambarkan ciri khas asli masyarakat Papua. 

(prc/wep)

No more pages