Logo Bloomberg Technoz

“Adapun, LU sektor pertambangan dan penggalian; sektor perdagangan besar dan eceran; serta reparasi mobil dan motor juga dilaporkan membaik seiring dengan peningkatan permintaan dalam negeri dan mobilitas masyarakat,” jelasnya.

Kapasitas produksi terpakai pada kuartal I-2023 tercatat sebesar 72,33%, meningkat dari 71,49% pada kuartal sebelumnya. 

“Penggunaan tenaga kerja juga terindikasi meningkat dan berada dalam fase ekspansi. Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha tetap baik meski tidak setinggi triwulan sebelumnya,” jelas Erwin. 

Pada perkembangan lain, BI juga melaporkan kinerja manufaktur Indonesia pada kuartal I-2023 meningkat dan berada di fase ekspansi. Pada kuartal II-2023, kinerjanya diperkirakan kian membaik.

Mengutip data Prompt Manufacturing Index (PMI)  BI, pada kuartal I-2023, angka PMI-BI ada di 50,75% atau berada di fase ekspansi. Capaian itu juga lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya 50,06%.

"Peningkatan terjadi pada seluruh komponen pembentuk PMI-BI terutama volume produksi, pesanan, dan persediaan barang jadi yang berada dalam fase ekspansi. Berdasarkan sublapangan usaha, peningkatan terjadi terutama pada industri pengolahan tembakau, mesin dan perlengkapan, serta alat angkutan," sebut laporan BI.

Pada kuartal II-2023, lanjut laporan BI, kinerja industri pengolahan diestimasikan kembali meningkat dengan indeks 54,79%. Berdasarkan komponen pembentuknya, seluruh komponen tercatat meningkat dan berada pada fase ekspansi dengan peningkatan tertinggi terjadi pada volume persediaan barang jadi, jumlah tenaga kerja, dan volume produksi.

(wdh/frg)

No more pages