Logo Bloomberg Technoz

BI Ramal Sektor Riil Menguat Kuartal II-2023, Ini Pendorongnya

Wike Dita Herlinda
14 April 2023 19:31

Ilustrasi Pabrik Mobil (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Pabrik Mobil (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Bank Indonesia (BI) memproyeksikan kinerja sektor riil makin membaik pada kuartal II-2023. Hal ini merujuk pada indikasi pemulihan kegiatan dunia usaha yang mulai terindikasi pada triwulan pertama tahun ini.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan perbaikan geliat dunia usaha tecermin dari capaian nilai saldo bersih tertimbang (SBT) kuartal I-2023 yang naik 11,05% dari capaian kuartal sebelumnya sebesar 10,71%. 

Pada kuartal II-2023, lanjutnya, responden memperkirakan kegiatan usaha meningkat dengan SBT sebesar 21,44%. Adapun, lapangan usaha (LU) pendorongnya antara lain sektor pertanian, seiring dengan masih berlanjutnya panen raya. Serta sektor pertambangan didukung ketersediaan sarana produksi.

“Selain itu, kinerja LU industri pengolahan juga [diprediksi] meningkat sejalan dengan kenaikan permintaan didukung oleh ketersediaan sarana produksi dan kapasitas penyimpanan, sementara kinerja LU perdagangan besar dan eceran, LU transportasi dan pergudangan, serta LU penyediaan akomodasi dan makan minum meningkat seiring dengan permintaan dalam negeri yang meningkat pada periode Idulfitri 1444 H,” papar dia, Jumat (14/4/2023).

Untuk kuartal I-2023, Erwin megelaborasi peningkatan kinerja kegiatan usaha ditopang oleh LU pertanian, kehutanan, dan perikanan seiring dengan pola historis musim panen. Selain itu, LU industri pengolahan juga meningkat sejalan dengan aktivitas industri, ketersediaan sarana produksi, dan kapasitas penyimpanan yang mendukung.