Logo Bloomberg Technoz

Emas juga mengalami peningkatan permintaan sebagai aset haven karena meningkatnya risiko geopolitik, termasuk ketegangan di Timur Tengah dan perang Rusia dengan Ukraina.

Bullion mulai bergerak lebih tinggi di awal tahun - mengejutkan para analis dan veteran berpengalaman karena tidak selalu ada katalis makro yang jelas untuk membenarkan reli harganya.

Emas mempertahankan kenaikan tersebut bahkan ketika para trader mengurangi taruhan pada waktu penurunan suku bunga. Belum lama emas bergerak lebih tinggi karena para pejabat AS secara luas diperkirakan akan segera menurunkan suku bunga.

Pasar spot emas tembus US$2.500.

Sejumlah data AS tentang aktivitas baru-baru ini telah meyakinkan pasar bahwa bank sentral AS berada di titik puncak untuk menurunkan biaya pinjaman dari level tertinggi lebih dari dua dekade, dengan penggerak konvensional logam kembali ke permukaan.

Terdapat perdebatan mengenai seberapa dalam the Fed akan memangkas suku bunga mengingat pembacaan ekonomi baru-baru ini memberikan sinyal yang saling bertentangan mengenai kondisi ekonomi AS.

(bbn)

No more pages